Q&A: Kenapa Ada British dan American Accent?


Pertanyaan:
Kenapa sih ada yang namanya British dan American accent?

Jawaban:

Begini. Jadi sebenarnya tidak hanya ada British atau American accent saja, tetapi banyak selain itu. Ada Canadian accent, Australian accent, South African accent, Singaporean, Russian, German, dan sebagainya. Itupun baru aksen di tingkat negara-negara. Di tingkat dalam negeri Amerika dan Inggrisnya sendiri pun masih ada aksen masing-masing. Misal di AS, ada aksen orang Texas, California, New York, Florida, dll. Lalu di Inggris pun sama, ada Scouse, Cockney, Northern, Southern, dll.

Jadi bagaimana kesimpulannya? 



Sebelumnya, mari kita lihat pengertian "aksen" menurut KBBI (daring). Ini penjelasannya:

ak.sen /aksèn/

  1. n Ling tekanan suara pada kata atau suku kata: suku kata yang mengandung pepet dalam bahasa Indonesia tidak mendapat --
  2. n pelafalan khas yang menjadi ciri seseorang; logat; aksen daerah: -- Jawanya sudah tidak terdengar lagi
  3. n tekanan: lukisan itu diberinya -- tertentu agar kelihatan hidup
  4. n tanda diakritik: pada huruf e itu terdapat --, yaitu tanda tambahan pada huruf yang banyak mengubah nilai fonetis

Dari pengertian aksen tersebut di atas, coba perhatikan pada pengertian yang kedua,
"pelafalan khas yang menjadi ciri seseorang; logat; aksen daerah."

Nah, jadi kesimpulannya, aksen itu memang sudah melekat pada diri seseorang darimana dia berasal atau dilahirkan atau tumbuh besar. Aksen itu merupakan ciri khas bagaimana suatu bahasa diucapkan oleh seseorang atau suatu masyarakat. Karena lingkungan tempat seseorang tinggal akan mempengaruhi bagaimana cara dia berbahasa, dalam hal ini mengucapkan suatu kata.

Dan saat ini, bahasa Inggris menjadi bahasa warga dunia yang digunakan di berbagai negara, maka munculah istilah American accent alias bahasa Inggrisnya orang Amerika. British accent alias bahasa Inggrisnya orang Inggris. Australian accent alias bahasa Inggrisnya orang Australia. Daaan berbagai versi aksen bahasa Inggris lainnya sesuai asal seseorang/masyarakat yang menggunakannya.



Kalau begitu harusnya ada Indonesian accent dong? Hmm... gimana menurut kalian sendiri, ada atau nggak?

Anyway, itu pertanyaan menarik. Nanti kita bahas di postingan berikutnya deh.


*

Jika ada yang masih ingin ditanyakan, silahkan tulis komentar di bawah  dan jangan lupa di-share agar teman-teman kamu bisa ikut belajar bahasa Inggris.

Q&A: Kenapa Ada British dan American Accent? Q&A: Kenapa Ada British dan American Accent? Reviewed by Meringgris on 10:08 AM Rating: 5

No comments:

Thank you for leaving a comment here! Appreciate it.

Powered by Blogger.